Monday, 11 April 2016

MANAJEMEN ORGANISASI DI SEKOLAH



MANAJEMEN ORGANISASI DI SEKOLAH
A.    Pengertian Organisasi  pendidikan/sekolah
Secara umum, Pengertian Organisasi dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari sekumpulan individu terhadap pembagian kerja kelompok dalam rangka mewujudkan tujuan yang telah diciptakan secara sistematis dan struktural.
Dengan kata lain organisasi adalah aktivitas dalam membagi-bagi kerja, menggolong-golongkan jenis pekerjaan, memberi wewenang, menetapkan saluran perintah dan tanggung jawab kepada para pelaksana.
Organisasi lembaga pendidikan adalah suatu organisasi yang unik dan komplek karena lembaga pendidikan tersebut merupakan suatu lembaga penyelenggara pendidikan. Tujuannya adalah menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang dapat menerapkan , mengembangkan , memperkaya khazanah ilmu pengetahuan , teknologi, kesenian, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kehidupan nasional

B.     Tipe lembaga pendidikan
1.      Pendidikan formal
Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya. Jalur pendidikan ini mempunyai jenjang pendidikan yang jelas, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi.
2.      Pendidikan nonformal
Pendidikan nonformal paling banyak terdapat pada usia dini, serta pendidikan dasar, adalah TPA, atau Taman Pendidikan Al Quran,yang banyak terdapat di setiap mesjid. Selain itu, ada juga berbagai kursus, diantaranya kursus musik, bimbingan belajar dan sebagainya.
3.      Pendidikan informal
Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.
C.     Komponen struktur lembaga pendidikan
1.      Komponen lembaga pendidikan
-          Anak didik
-          Pendidik
-          Kurikulum
-          Sarana dan prasarana
-          Visi/tujuan
2.      Struktur lembaga pendidikan
Salah satu bentuk yang digunakan dalam suatu institusi atau lembaga pendidikan adalah struktur organisasi garis atau staff.
struktur organisasi garis dan staff adalah suatu bentuk organisasi yang terdiri dari satu pimpinan dimana pelimpahan wewenang terjadi secara vertikal kepada bagian – bagian dibawahnya dan di dalam organisasinya terdapat beberapa staff yang bertugas memberi saran dan nasihat dalam bidangnya kepada pimpinan organisasi

No comments:

Post a Comment

MAKALAH HADIS TARBAWI ASPEK KEJIWAAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

MAKALAH HADIS TARBAWI ASPEK KEJIWAAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR Dosen Pengampu :                         Muchlis Anshori, S. ...